Minggu, 28 November 2010

Apakah Linux?


Linux adalah sebuah sistem operasi komputer. Pembangunan Linux dimulai tahun 1990 oleh Linus Torvald, seorang mahasiswa dari University of Helsinki, Finlandia. Saat ini, Linux adalah salah satu pilihan sistem operasi selain Microsoft Windows, UNIX, Solaris, QNX dan beberapa sistem operasi lainnya. Sebagai sistem operasi, Linux bertugas mengambil kendali infrastruktur perangkat keras (hardware) ketika pertama kali sistem tersebut dijalankan. Linux mendukung berbagai platform hardware dari mulai PC berbasiskan Intel, Macintosh, Amiga, Silicon Graphics, Digital Alpha, sampai dengan perangkat mini computer seperti PDA dan pocket PC.

Sebenarnya nama Linux adalah nama inti dari sistem operasi itu saja (kernel), bukan seluruh aplikasi yang terpaket dalam CD atau aplikasi-aplikasi yang berjalan diatasnya, namun sudah umum diketahui bahwa sistem operasi dengan kernel Linux disertai aplikasi-aplikasi pendukungnya disebut secara keseluruhan sebagai Linux. 

Lisensi kernel Linux yang free (dalam arti merdeka dan tidak selalu gratis) maka setiap komunitas dapat memaket CD instalasi Linux dengan aplikasi lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang memaket kernel Linux dengan aplikasi server untuk membangun server yang handal dan terpercaya, tetapi
ada juga yang memaketnya dengan aplikasi office untuk membangun workstation yang user-friendly.
Linux adalah kernel atau inti dari sistem operasi. Pada awalnya, pengguna Linux harus membuat driver sendiri untuk menjalankan hardware. Seiring dengan banyaknya pengguna Linux, vendor hardware menyadari perlunya menyediakan driver bagi Linux.

0 komentar:

Posting Komentar