Rabu, 17 November 2010

Manfaat Fitur Penurunan Kecepatan Kipas Prosesor dan Fitur Overclock Prosesor


Fitur-fitur pintar yang tersedia pada suatu mainboard tentunya bergantung dari produsen yang membuatnya. Meskipun begitu dua fitur yang banyak tersedia pada mainboard masa kini adalah mengatur kecepatan kipas prosesor dengan pintar dan kemampuan overclock prosesor melalui Windows. Berikut hasil pengujian PCplus terhadap kedua fitur tersebut.
Semakin hari mainboard yang dikeluarkan oleh para produsen mainboard semakin dilengkapi dengan fitur-fitur yang bisa dikatakan pintar, khususnya pada mainboard yang memang ditujukan bukan untuk kelas ekonomi. Penggunaan chipset yang sama, misalnya sama-sama i865PE, membuat kinerja yang ditawarkan oleh masing-masing mainboard sering kali tidak berbeda jauh.

Perbedaan yang jauh biasanya baru terlihat bila chipset yang digunakan memang berbeda, utamanya lagi bila berbeda kelas, performa dengan value. Di sinilah fitur-fitur pintar itu diharapkan bisa memberikan nilai lebih dibandingkan produk produsen lainnya.



Tingkat Kebisingan dan Kinerja Lebih

          Fitur pengurangan kecepatan kipas prosesor ditujukan untuk mengurangi tingkat kebisingan yang dihasilkan PC. Prinsip utamanya adalah mengatur kecepatan kipas sesuai dengan tingkat panas prosesor. Bila prosesor tidak panas, tidak perlu menggunakan kecepatan kipas yang tinggi. Bila prosesor panas, barulah menggunakan kecepatan kipas tinggi. Dengan hal seperti ini, pada saat PC digunakan untuk pekerjaan yang tidak begitu berat, misalnya mengetik menggunakan MS-Word, PC akan terdengar lebih tenang. Pada saat PC digunakan untuk pekerjaan yang berat, misalnya bermain game 3D, barulah PC terdengar lebih berisik.

0 komentar:

Posting Komentar