Selasa, 16 November 2010

BANGUNKAN KOMPUTER DENGAN MOUSE


Dengan pertimbangan penghematan penggunaan listrik, maka para pengembang sistem operasi Windows menyediakan sebuah fasilitas bernama hibernate. Saat fasilitas hibernate digunakan, sistem akan dimatikan (seperti shut down) dan begitu dinyalakan, sistem akan mengembalikan kondisi terakhir sebelum dimatikan. Dengan begitu Anda tidak perlu menunggu terlalu lama saat ingin menggunakan komputer daripada harus menghidupkan komputer dari awal.

Untuk menghidupkan komputer yang sedang dimatikan sementara waktu (hibernation), umumnya menggunakan tombol [Power] yang terdapat di keyboard. Lalu bagaimana jika tombol tersebut tidak terdapat di keyboard Anda? Tentunya akan kurang efektif jika Anda memutuskan untuk membeli keyboard baru.

Dengan beberapa langkah sederhana, sebenarnya Anda dapat menghidupkan komputer yang sedang dalam kondisi hibernation menggunakan mouse. Hal tersebut dapat dilakukan jika mainboard yang Anda gunakan ber-form factor ATX, memiliki memori yang cukup dan BIOS yang digunakan memiliki fitur untuk menghidupkan komputer lewat mouse. Langkah berikutnya dapat Anda baca di bawah ini.

Mengaktifkan Fasilitas Hibernate
  1. Buka jendela Display Properties lewat Control Panel ([Start]>[Settings]>[Control Panel]>[Display]) atau klik kanan di desktop, lalu pilih [Properties] di context menu.
  2. Di boks Display Properties pilih tab [Screen Saver], lalu klik tombol [Power…] di frame Monitor power.
  3. Setelah boks Power Options Properties tampil, pilih tab [Hibernate][Enable hibernation] di frame Hibernate.
  4. Klik tombol [OK] untuk menutup boks Power Options Properties, lalu klik tombol [OK] sekali lagi untuk menutup boks Display Properties.


Konfigurasi BIOS
  1. Restart komputer Anda ([Start]>[Turn Off Computer…]>[Restart]).
  2. Tekan tombol khusus di keyboard (misalnya [Delete]) untuk masuk ke tampilan BIOS.
  3. Setelah masuk ke menu BIOS, pilih [Power Management Setup].
  4. Aktifkan opsi [Power On By Mouse] dengan cara memilih [Mouse Click].
  5. Keluar dari BIOS dan simpan konfigurasi yang baru saja dilakukan.


Menggunakan Fasilitas Hibernate
  1. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, Anda dapat segera mencobanya. Dari menu [Start] pilih [Turn Off Computer…].
  2. Saat boks Turn off computer ditampilkan, tekan tombol [Shift] di keyboard untuk menampilkan opsi [Hibernate], klik opsi tersebut. Sistem akan menyimpan kondisi terakhir di memori (Preparing to hibernate…) dan dalam sekejap sistem akan dimatikan (Hibernating…).
  3. Untuk menghidupkan kembali, dobel klik tombol mouse Anda, sistem akan mengembalikan kondisi terakhir (Resuming Windows) dan tidak berselang lama sistem sudah siap untuk digunakan kembali.


Dengan fasilitas hibernate, Anda dapat menghemat penggunaan listrik dan menghindari penggunaan komputer oleh orang lain yang tidak berkepentingan. Selamat mencoba.

Catatan: Langkah-langkah di atas menggunakan Microsoft Windows XP dan AWARD BIOS versi 6.00PG.

0 komentar:

Posting Komentar