Selasa, 16 November 2010

Cegah E-mail Bervirus dengan Format Plain Text


Salah satu cara penyebaran virus yang paling efektif adalah melalui e-mail. Si pembuat virus cukup melepas e-mail berisi virus ke beberapa target dan e-mail virus segera akan menyebar secara otomatis ke seluruh alamat e-mail yang terdapat address book target. E-mail bervirus ini nantinya akan terus menyebar dari satu alamat e-mail ke puluhan atau ratusan alamat e-mail lain.
E-mail-e-mail bervirus semacam itu biasanya menyertakan file attachment yang akan menjangkiti komputer apabila si pemilik e-mail membuka file yang disertakan. Untuk itu pengguna dapat memblokir seluruh attachment e-mail yang berpotensi mengandung virus.

Teknik perusakan PC tidak hanya melalui file attachment saja. Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan memanfaatkan kemampuan pengiriman e-mail dalam format HTML. Dengan format ini e-mail yang dibuka akan secantik halaman Web, karena pengirim dapat menyertakan gambar, suara, script, dan sejenisnya ke dalam badan e-mail. Kemampuan inilah yang sering dimanfaatkan penyebar virus dengan menambahkan script-script “nakal” yang bisa mengeksploitasi PC didalam e-mail yang dikirim.

Dengan teknik perusakan ini, pemblokiran attachment tidak akan menolong. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memblokir e-mail berformat HTML dan mengonversinya menjadi plain text. Caranya adalah sebagai berikut:


  1. Jalankan Outlook Express melalui menu [Start]>[All Programs]>[Outlook Express].
  2. Klik menu [Tools]>[Options...].
  3. Pada jendela Options yang baru muncul, klik tab [Read].
  4. Berkan tanda cek pada checkbox [Read all messages in plain text].
  5. Klik [OK] untuk menutup jendela Options.



Saat ini Anda tidak akan menerima lagi e-mail dalam format HTML. Semua pesan akan dikonversi secara otomatis menjadi teks murni (plain text).

0 komentar:

Posting Komentar